Arif Minardi: Yang Bikin Indonesia Bangkrut Itu Korupsi, Bukan Upah Buruh!

19 views

Arif Minardi Orasi

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Logam Electrik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Arif Minardi menyatakan, yang membuat ekonomi Indonesia bangkrut alias ber-biaya tinggi itu adalah korupsi dan pungli oleh aparatur negara dan pengusaha hitam, bukanlah karena gaji atau upah buruh yang tinggi.

Hal itu dikemukakan Arif dalam orasinya dalam aksi demonstrasi buruh/pekerja menentan revisi UU Ketenagakerjaan di Jakarta, Rabu 21 Agustus 2019.

Karena itu, dia menyangkal keras, apa yang belum lama ini disampaikan oleh para pengusaha yang tergabung dalam berbagai wadah assosiasi pengusaha.

Saat pengusaha tersebut bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, mereka mengusulkan revisi UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan karena UU ini dianggap oleh pengusaha kaku, sehingga menjadi penyebab para investor enggan menanamkan modalnya di Indonesia.

“Kami para tokoh buruh Indonesia juga menantang para pengusaha, yang bergabung dalam wadah assosiasi pengusaha. Yang selama ini memiliki para pakar ilmu pengetahuan diberbagai bidang. Untuk duduk bareng dengan para tokoh buruh dan tokoh pekerja Indonesia. Untuk membuktikan bahwa, UU 13/2003 Ketenagakerjaan, bukanlah penyebab para investor luar negeri dan dalam negeri enggan menanamkan modalnya di Indonesia,” kata Arif.

“Tetapi praktrek korupsi dan punglilah yang sampai ini akut dan merajalela di seluruh Indonesia, sebagai penyebab utama, biaya produksi sebuah barang di Indonesia ini menjadi tinggi dan mahal,” tegasnya.

Selain itu, Arif Minardi juga mengungkapkan adanya terindikasi 53 triliun uang negara, untuk berbagai kegiatan peningkatan SDM ASN dan lain-lain setiap tahunnya dikurupsi oleh oknum yng tidak bertanggung jawab.

Dia juga mengimbau Presiden Jokowi dan aparat penegak hukum untuk bekerja sama dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh dalam mengungkap kasus megakorupsi itu.

Soal jumlah massa aksi demo yang turun di depan Istana Negara, menurut Arif, berasal dari 8 Federasi Serikat Pekerja (SP) dan Serikat Buruh (SB).

Dia juga mengklaim aksi demo siang ini berjumlah 50.000 massa aksi dan mewakili 51 juta buruh formal Indonesia. (Media Garuda).

Kiprah Arif Minardi Orasi Arif Minardi

Related Post

Leave a reply